Kamis, 30 Januari 2014

PERTEKOM



Tugas Makalah tentang Sejarah Perkembangan Teknologi komputer
Diajukan untuk menyelesaikan tugas akhir Bahasa Indonesia




BAB I

 
PENDAHULUAN  

A. Latar Belakang
menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya. Manusia menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal yang dikaruniakan ALLAH SWT. Dengan akalnya itu ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih efisien, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya supaya lebih mudah diselesaikan.Pada satu sisi, perkembangan dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang demikian pesatnya ini sangatmemberi manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yangsebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkatmesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudahmampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkaskata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikanbanyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dankesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akankenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologisinonim dengan kebenaran. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawiharuslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsure keadilan. Tentu sajaIPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena IPTEK tidak pernah bisa menjadi standar kebenaranataupun solusi dari masalah-masalah manusia.






 B. Permasalahan
 Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka masalah yang akan di angkat dalam penulisan masalah ini  adalah:
1.   Apakah dampak dari teknologi informasi terhadap kehidupan manusia?
2.   Seberapa besar dampak yang dapat ditimbulkan dari pesatnya kemajuan Teknologi Informasi?






C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah:
Untuk mengetahui dampak yang terjadi bila kemajuan teknologi semakin pesat.
Untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam hal menggunakan teknologi komputer secara sehat.
Mengetahui dampak positif dan dampak negatif yang di timbulkan dari perkembangan teknologiinformasi.
Mengetahui Solusi dari dampak perkembangan teknologi informasi.


D. Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan pada penulisan makalah ini adalah metode pengamatan dan studi pustaka
E. Sistematika Penulisan
 
Karya tulis ini terdiri dari empat Bab. Yang mana:Bab I : berisi pendahuluan, yang memuat latar belakang masalah, permasalahan, tujuanpenulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.Bab II : berisikan landasan teori dari topik karya tulis.Bab III : menguraikan pembahasan.Bab IV : penutup yang berisi kesimpulan.
         
                                          



BAB II

LANDASAN TEORI

1. Pengertian
Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman,lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada Teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah teknologi berasal dari techne  atau cara dan logos atau pengetahuan.Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnyaadalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehinggaseakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia.Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai keseluruhan metode yang secararasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia´Pengertian teknologi secaraumum adalah:

Sebuah proses yang meningkatkan nilai tambah.

Sebuah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.

Sebuah Strukturatau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan.Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu. Jadi dampak teknologi Informasi .adalahakibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.Kemajuan teknologi Informasi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karenakemajuan teknologi informasi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasidiciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, sertasebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudahmenikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain jugamemungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi informasi dalam kehidupan manusia.






2. Hipotesis
Adapun hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut :

Kemajuan teknologi computer akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dariaspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
 Di masa depan, dampak perkembangan teknologi computer di duniaakan semakin penting
                                

 BAB III



PEMBAHASAN
Perkembangan dunia teknologi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuanperadaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kinirelatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telahditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisikemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan teknologiyang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dankenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Bagi masyarakat sekarang, perkembangan teknologi sudahmerupakan suatu religion. Pengembangan teknologi dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada.Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungankefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas.Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusiatidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagimanusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun IPTEK mampu mengungkap semua tabir rahasiaalam dan kehidupan, tidak berarti IPTEK sinonim dengan kebenaran. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkankenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harusmencakup pula unsur keadilan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu IPTEK tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan.


A. Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi dilihat dari berbagaibidang :


Bidang Informasi dan komunikasiDalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kitarasakan dampak positifnya antara lain:

Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagianmanapun melalui internet.

Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.

Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah dan lain-lain.Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi computer tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.

Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakanpihak tertentu untuk tujuan tertentu. Bidang Ekonomi dan IndustriDalam bidang ekonomi teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kitarasakan manfaat positifnya antara lain:

Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

Terjadinya industrialisasi.

Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuanproduktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkanproduktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi komputer di duniaindustri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologibisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yanglebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill danpengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerjadan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya,pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampumentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yangberubah tersebut.

Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yangdibutuhkan.

Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasiyang secara moral mengalami kemerosotan.

Konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental instant. Bidang SosialDampak kemajuan teknologi sangat berdampak baik pada bidang sosial, yang mana bisa kita lihat:

Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalamdunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan priasemakin menonjol.

Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yangmenarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanandiri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkanbangsa-bangsa Asia.

Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akanmelahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras. Bidang BudayaPada bidang kebudayaan perkembangan teknologi sangat berdampak negatif, seperti:

Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di \kalangan remaja dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginanmaterial, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam materi tetapi miskindalam rohani.

Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong.
 
melemahkan kekuatankekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial.Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintassampai tindak kejahatan.

Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Programinternet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannyasendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan oranglain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengankomputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol denganteman dan orang asing kapan saja.Bidang PendidikanTeknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:

Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam prosespembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswamampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisadibuat abstrak.

Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajarantidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet danlain-lain.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikanantara lain:

Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential AptitudesTest dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yangada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatanpembocoran melalui internet tersebut.

Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahubahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapimempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusahamenerobos sistem perbangkan dan lain-lain. Bidang politik Bidang politik juga tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi, seperti:

Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorongmunculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengahbaru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebihbesar.

Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akanberdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakinkental.

Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme.Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambahdengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadarantersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akanmelahirkan kekuatan ekonomi baru.
B. Solusi dari dampak perkembangan teknologi informasi
 Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini tidak hanya menimnulkan dampak positif terhadapkehidupan manusia, tetapi juga banyak munuai dampak negatifnya. Untuk itu, Adapun solusi yang dapat didikembangkan dalam meminimalisir dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi adalah sebagaiberikut:

Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang cara menggunakan teknologi informasi dengan baik dan tidak melanggar etika. Sehingga teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan semestinya.

Pemerintah harus membuat suatu peraturan yang tegas terhadap setiap pelanggaran penggunaateknologi informasi yang merugikan orang lain dan negara.

Masyarakat juga harus di beri penyuluhan untuk menggunakan teknologi yang di kuasai untuk menjalinhubungan yang lebih intents dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah di kenal didunia
 
nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yanglain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akanmemberikan nilai persahabatan yang mutualisme atau saling mensupport antara satu dan yang laindidunia nyata.

 BAB IV


KESIMPULAN
Kemajuan teknologi computer adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuanteknologi informasi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologiinformasi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagikehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitasmanusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawaolehinovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu dirisendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena ituuntuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, masyarakat harus diberi pemahaman untuk menggunakan teknologi informasi dengan baik dan benar, serta tidak merugikan orang lain. Dan pemerintah disuatu negara harus membuat peraturan- peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhioleh pengguna teknologi. http://htmlimg2.scribdassets.com/25dgo3qr40x67ky/images/5-72418287f9.jpghttp://htmlimg2.scribdassets.com/25dgo3qr40x67ky/images/5-72418287f9.jpghttp://htmlimg2.scribdassets.com/25dgo3qr40x67ky/images/5-72418287f9.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar